Bupati Lumajang Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Gempa Bumi di Dua Kecamatan
11 April 2021 | Dilihat 1234 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq (Cak Thoriq) meninjau langsung lokasi pasca bencana gempa bumi di beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang tepatnya di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo dan Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari, Sabtu (10/4/2021) malam.

Identifikasi sementara, kecamatan yang paling terdampak adalah Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari dan Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo . Namun, saat ini masih terus dilakukan identifikasi pasca bencana gempa yang terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lumajang.

Saat berada dilokasi, Bupati Lumajang berkeliling ke rumah-rumah warga guna memastikan kondisi warga dan bangunan rumah yang mengalami kerusakan.

Ia juga meminta agar segera ada penyesuaian terkait bantuan yang nantinya akan diberikan kepada warga dengan kondisi yang terjadi pasca bencana gempa bumi.

"Saya malam ini melihat langsung kondisi pasca gempa dan memastikan bahwa seluruh siaga kebencanaan telah disiapkan, termasuk ada beberapa kebutuhan yang harus di prioritaskan misalnya bahan makanan dan kebutuhan alat memasak, karena ada beberapa dapur warga yang habis total sehingga tidak bisa memasak," katanya.

Selain itu dikatakan Cak Thoriq, bahwa kejadian hari ini menjadi duka cita semuanya, karena bencana ini tidak diinginkan, tetapi dengan terjadinya bencana seperti ini tentunya menjadi intropeksi bagi semua untuk siap siaga terutama pemerintah untuk melakukan penanganan yang lebih serius terkait dengan kondisi bencana seperti saat ini.

Ia menambahkan, bahwa saat ini yang diprioritaskan oleh pemerintah adalah pemenuhan kebutuhan makanan yang dipastikan segera sampai kepada warga. Selain itu, juga akan dilakukan inventarisir rumah warga yang harus dibangun ulang maupun yang hanya perlu pembenahan untuk diindentifikasi secara detail agar intervensi dari pemerintah betul-betul sesuai dengan harapan masyarakat.

"Saya akan melibatkan teman-teman dari unsur TNI-POLRI untuk membantu bersama dalam memantau kondisi atau keadaan pasca bencana gempa yang terjadi siang tadi," pungkasnya.

Adapun korban jiwa dalam bencana gempa bumi, yakni dua orang asal Desa Tempurejo Kecamatan Tempursari yang meninggal dunia akibat tertimpa longsoran, dan tiga orang asal Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari yang meninggal dunia akibat tertimpa bangunan. Untuk luka ringan berjumlah 10 orang seluruhnya berasal dari Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari.

Sementara kerugian materil yakni Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari sebanyak 407 rumah dan Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo sebanyak 48 rumah mengalami kerusakan. (Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan