Harga Bahan Pokok Naik di Awal Ramadan, Masyarakat Diminta Tak Panic Buying
14 April 2021 | Dilihat 1144 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Awal Ramadan 1442 Hijriyah Tahun 2021, harga bahan pokok di Kabupaten Lumajang terpantau mengalami kenaikan pada sejumlah komoditas, terutama sembilan bahan pokok (sembako).

"Menjelang puasa dan lebaran memang ada kenaikan beberapa komoditas terutama sembako, puasa tahun ini kenaikan telur dan daging ayam, untuk ayam normalnya kisaran Rp34-35 ribu, kemarin dan hari ini terendah Rp35 ribu dan tertinggi Rp38 ribu," ungkap Sekretaris Dinas Perdagangan kabupaten Lumajang Aziz Fachrurrozi saat konfirmasi melalui telepon selulernya dalam program siar Jelajah Informasi dan Berita (JELITA) di LPPL Radio Suara Lumajang, Rabu (14/4/2021).

Aziz juga mengungkapkan, bahwa bahan pokok yang mengalami kenaikan pada awal puasa adalah telur dan daging ayam. Menurutnya, kenaikan harga bahan pokok tersebut masih berada di ambang kewajaran.

Oleh karena itu, saat ini pihaknya masih dalam tahap pemantauan harga, dan bila ada kenaikan di atas ambang kewajaran maka Dinas Perdagangan akan melakukan operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan pokok.

"Kenaikan masih di ambang kewajaran, kalau sudah di atas ambang kewajaran kita akan adakan operasi pasar, selama kenaikan batas wajar kita tidak melakukan (operasi pasar, red) kita hanya memantau saja," terang dia.

Dalam kesempatan tersebut, Aziz juga berpesan agar masyarakat tidak perlu khawatir dan melakukan penimbunan bahan pokok, karena pihaknya akan memastikan stok bahan pokok di Lumajang aman sampai lebaran nanti.

"Belanjalah untuk kebutuhan secukupnya saja, tidak perlu menimbun, karena kebutuhan stok bahan pokok di Lumajang cukup sampai lebaran, tidak perlu menimbun, agar harga bahan pokok di Lumajang tetap stabil," harapnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan