Hadapi Lomba Asman Toga, Ketua TP PKK Kunjungi Kelompok Asman Toga Gemas Mawar
06 Mei 2021 | Dilihat 142 kali | Penulis Andhika . Redaktur Joko
Foto : Dok. Kominfo-Lmj

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Hj. Musfarinah Thoriq mengunjungi Kelompok Asman Toga Gemas Mawar (Gerakan Masyarakat Asuhan Mandiri Manfaatkan Wahana Rumah dan Lingkungan) yang berada di Kecamatan Randuagung, Desa Ranulogong Dusun Tongmaling, Rabu (5/5/2021).

Kunjungan Ketua TP PKK bersama jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Lumajang dalam rangka untuk melihat kondisi dan kesiapan Asman Toga Gemas Mawar yang terpilih mewakili Kabupaten Lumajang dalam lomba Kelompok Asman Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat Keluarga) dan Akupresur tingkat Provinsi Jawa Timur tahun ini.

Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang menyampaikan, salah satu strategi kesehatan adalah mendorong masyarakat mampu memelihara kesehatannya, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri.

"Kegiatan Kelompok Asman Toga dan Akupresur di Kabupaten Lumajang ini kami integrasikan dengan kegiatan Pawon Urip. Filosofi Pawon Urip adalah untuk ketahanan pangan keluarga, yang ditanam adalah sayur mayur dan empon-empon yang itu merupakan bagian dari Toga," ungkapnya.

Selaku Ketua TP PKK Kabupaten, dirinya mengimbau agar kegiatan Pawon Urip yang sudah terbentuk di sekitar 150 desa langsung diintegrasikan dengan kegiatan Kelompok Asman Toga dan akupresur , sehingga paling tidak jumlah kelompok Asman Toga sama dengan Pawon Urip.

Sementara itu, Kepala UPT Puskesmas Tunjung Kecamatan Randuagung, Siswanto menjelaskan, pelayanan kesehatan tradisional merupakan upaya back to nature dan penguatan upaya preventif yang sesuai dengan kondisi era pandemi saat ini, di mana masyarakat bisa memanfaatkan herbal yang ada di Toga dan melakukan akupresur secara mandiri untuk meningkatkan stamina tubuh dan mempertahankan kesehatannya.

"Pelayanan kesehatan tradisional merupakan upaya pengembangan di UPT Puskesmas Tunjung yang itu bukan hanya dilaksanakan Kelompok Asman Toga dan akupresur, melainkan juga dalam kegiatan Dokter Muter. Selain itu, juga ada one day care yang memberikan akupresur dan ramuan herbal yang sasarannya pasien hypertensi dan Diabetes Melitus," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan