Dulu Kumuh, Sekarang Ikut Verifikasi Kampung Proklim 3
08 Agustus 2021 | Dilihat 1403 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Kampung Lempeni, begitu orang menyebut RW 2 Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Kabupaten Lumajang. Kampung yang berada di tengah kota tersebut merupakan kawasan padat penduduk dengan akses gang sempit yang hanya bisa dilalui sepeda motor dan sepeda kayuh.

Dulu kawasan tersebut terlihat kumuh, mayoritas warga ekonomi ke bawah enggan peduli terhadap kebersihan lingkungannya saat itu. Namun kondisi tersebut saat ini berbanding terbalik dengan yang dulu. Sejak Tahun 2018, warga secara sadar gotong-royong membangun kampung lempeni menjadi lebih bersih dan asri.

Berkat kegigihan warga menata lingkungan mengantar RW 2 Ditotrunan menjadi Juara 2 Kawasan Rumah Pangan Lestari se Kelurahan Ditotrunan, Juara 1 Pawon Urip se Kelurahan Ditotrunan, juara 3 Pawon Urip se Kecamatan Lumajang. Yang membanggakan, pada Tahun 2020 meraih Tropi Bergilir Bupati Lumajang sebagai Kampung Resik se Kabupaten Lumajang. Bahkan dinobatkan menjadi 1 dari 4 Proklim kabupaten yang diusulkan ke Tingkat Nasional.

"Tahun ini menjadi salah 1 dari 4 Kampung Proklim Kabupaten yang lolos diusulkan Provinsi sebagai Calon Kampung Proklim Nasional," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati.

"Tadi pagi, Ketua RW 2 Ditotrunan Ibu Susiami didampingi plt. Lurah Ditotrunan Andi Dwiyanto berhadapan dengan Tim Verifikasi Kementrian LHK melalui daring," imbuh Yuli.

Ia menerangkan, Susiami memaparkan potensi kampungnya dengan cukup baik dan jelas. Ia berharap nantinya akan membawa hasil yang membanggakan bagi Kabupaten Lumajang di tingkat nasional.

Di Kampung Lempeni, Tanaman Lempeni yang kaya khasiat ditanam warga dalam pot-pot dari sak bekas. Kondisi gang sempit tidak menyurutkan niat warga menanam aneka tanaman. Selain banyaknya tanaman, keramahan warga dan nuansa "kampung" sangat kental, sehingga menjadikan daya tarik tersendiri bagi Kampung Lempeni. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan