Aktivis Luar Negeri Lirik Pengelolaan Sampah Kali Temi dan Kali Sejuk
05 September 2021 | Dilihat 318 kali | Penulis Fadlilah . Redaktur Joko

Sungai Watch adalah sebuah organisasi lingkungan yang dibentuk sekelompok pemuda luar negeri yang mempunyai misi untuk mencegah agar sampah tidak sampai mencemari laut melalui aliran sungai.

Organisasi tersebut ternyata melirik dua sungai di Kabupaten Lumajang yang dianggap memiliki kebersihan dan pengolaan sampah yang baik, yaitu Kali Temi, Kelurahan Ditotrunan dan Kali Sejuk, Desa Purwosono.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati yang mendampingi Sungai Watch berkeliling ke dua sungai tersebut mengatakan, organisasi yang digawangi Gary Bencheghib tersebut tertarik dengan permasalahan sampah yang dibuang ke sungai serta penanganannya oleh masyarakat sekitar.

"Ia tergerak, karena permasalahan sampah di sungai semakin tak terkendali. Misinya menghentikan sampah mengalir ke laut, melalui pemasangan penghalang sampah," terangnya. Minggu (5/9).

Dikatakan Yuli Haris, sebelum melakukan peninjauan ke Kali Temi dan Kali Sejuk, mereka sudah berdiskusi tentang pengelolaan sampah di sungai oleh masyarakat. Bahkan sempat diskusi juga dengan Bupati Lumajang, Thoriqul Haq beberapa yang lalu.

Setelah diajak untuk melihat Kali Temi dan Kali Sejuk, mereka tertarik sehingga akan kembali berkunjung.

"Kami mengajak mereka melihat Kali Temi di RW 5 Kelurahan Ditotrunan dan Kali Sejuk desa Purwosono. Mereka berkeinginan untuk datang lagi untuk menjalankan misinya," imbuhnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan