2 Sungai di Lumajang Dapat Perhatian Khusus dari Sungai Watch
06 September 2021 | Dilihat 311 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Berkesempatan mengunjungi Kabupaten Lumajang, Gary Bencheghib founder Sungai Watch Bali takjub melihat keindahan dan kebersihan 2 sungai di Lumajang.

"This is one of the nicest rivers I have ever seen (Ini adalah salah satu sungai terbagus yang pernah saya lihat)," ungkap Gary Bencheghib sembari menunjukkan foto Kali Temi di RW 5 Kelurahan Ditotrunan.

Kedatangan Gary dan kawan-kawan tersebut disambut hangat oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Yuli Harismawati. Ia mengajak mereka melihat Kali Temi di RW 5 Kelurahan Ditotrunan dan Kali Sejuk Desa Purwosono.

"Sepekan kemarin kami bertemu dengan aktivis Sungai Watch, Gary Bencheghib, Sam, Nola didampingi Fahma Emza bertamu ke Bupati Lumajang Thoriqul Haq. Mereka diterima Cak Thoriq di taman belakang Pendopo Arya Wiraraja yang asri, ruang outdoor yang hampir tiap malam, di luar jam kerja selalu dipakai untuk menerima tamu. Kami diskusi tentang sungai yang sering digunakan sebagai tempat sampah," jelas Yuli Harismawati, Minggu (05/09/2021).

Yuli Harismawati menjelaskan bahwa Sungai Watch adalah organisasi lingkungan yang berasal dari Indonesia yang dibentuk oleh aktivis lingkungan Gary Bencheghib. Gary yang berdarah Perancis, sejak kecil tinggal di Bali, ia sangat mengagumi Bali, mencintai alam Indonesia.

"Ia tergerak, karena permasalahan sampah di sungai semakin tak terkendali. Misinya menghentikan sampah mengalir ke laut, melalui pemasangan penghalang sampah (trash barier)," jelasnya

Sejak September 2020 hingga saat ini Sungai Watch telah memasang trash barier di sungai sungai di wilayah Bali. Melakukan pembersihan sungai dengan masyarakat lokal dan mendata jenis sampah yang menjadi polutan di sungai. Aktif berkampanye mencegah perilaku membuang sampah ke sungai.

Pada Agustus 2021 kemarin Sungai Watch sudah memasang trash barier di 100 titik sungai di Bali. Misi ke depan, ingin berkolaborasi dengan Pemerintah Kab/Kota untuk memasang 1.000 trash barrier di sungai-sungai di Jawa Timur. (Kominfo-lmj, DLH-lmj, Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan