PKK Lumajang Optimalkan Pengelolaan Bank Sampah untuk Tunjang Suksesnya Inovasi Pawon Urip
09 Oktober 2021 | Dilihat 88 kali | Penulis Anam . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pengelolaan Bank Sampah menjadi salah satu upaya yang dapat menunjang suksesnya inovasi Pawon Urip di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

“Jika sampah dikelola secara bijak, maka sampah-sampah organik yang diproduksi dari rumah tangga setiap harinya dapat kita manfaatkan menjadi pupuk kompos, dan itu sangat menyuburkan tanah yang ditanami sayur-sayuran,” kata Wakil Ketua I TP PKK Kabupaten Lumajang Rahayu Agus Triyono saat memberikan arahan dalam kegiatan Optimalisasi Pawon Urip dan Pengolahan Bank Sampah, bertempat di Ruang Pertemuan Kantor Camat Tempeh, Jumat (8/10/2021).

Rahayu juga mengatakan, bahwa sampah dapur yang baik untuk tanaman bisa dijadikan pupuk organik, karena penggunaan bahan alami tidak akan merusak tanah, sehingga tanaman bisa tumbuh subur dan sehat.

“Pupuk kompos bisa dibuat dengan memanfaatkan sampah dapur yang sudah tak terpakai, seperti kulit pisang, ampas kopi, hingga cangkang telur bisa kamu jadikan pupuk yang baik untuk tanaman. Jadi, manfaatkan sisa bahan dapur ini menjadi pupuk tanaman, tentunya lebih baik daripada terbuang percuma,” ujar dia.

Dirinya berharap, dengan pengelolaan sampah yang bijak, selain untuk menjaga kelestarian lingkungan juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang suksesnya inovasi Pawon Urip yang bisa membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari selama pandemic COVID-19.

"Pawon urip ini benar-benar sudah bisa menghidupi pawon (dapur, red), paling tidak kita sudah menghemat uang untuk berbelanja selama COVID-19 karena sudah ditanam sendiri, dan pupuknya pun juga kita buat sendiri menggunakan sampah organik" pungkasnya. (Kominfo-lmj/An-m)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan