Pelatihan Barista Dukung Potensi Kopi Lumajang
21 Oktober 2021 | Dilihat 171 kali | Penulis Muhammad Syahrul Fadlillah . Redaktur Joko

Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang menyelenggarakan pelatihan barista yang dilaksanakan selama 5 hari terhitung sejak Tanggal 11 -15 Oktober 2021 di Balai Desa Tumpeng, Kecamatan Candipuro.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Lumajang, Abdul Majid mengatakan pelatihan barista tersebut dilaksanakan untuk mendukung potensi kopi yang ada di Kabupaten Lumajang.

"Saya terinspirasi karena Lumajang potensi kopinya luar biasa, harapannya nanti muncul wirausaha-wirausaha baru, karena tugas Dinasker selain mengurangi pengangguran juga menciptakan lapangan kerja," ungkapnya. Kamis (21/10).

Dijelaskan Abdul Majid, pelatihan tersebut menggunakan anggaran dari Dana Bagi Hasil Cukai dan Hasil Tembakau (DBHCHT) sehingga peserta yang dilibatkan dalam pelatihan tersebut harus merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan Nomor 206/PMK.07/2020 Tentang Penggunaan, Pemantauan, dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau.

Agar berdampak signifikan bagi para peserta, narasumber sengaja dihadirkan dari praktisi yang sudah profesional dan berkompeten di bidang kopi.

Abdul Majid berharap setelah dilaksanakan pelatihan tersebut akan lahir para pengusaha kopi yang mampu meningkatkan kualitas Kopi Lumajang.

"Harapannya nanti banyak pemain baru atau pemain lama punya ilmu untuk meracik kopi lebih baik, memilih kopi yang baik dipanen, kopi itu harus konsisten dalam penyajiannya," pungkasnya. (Kominfo-Lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan