Wabup: Komitmen Salah Satu Kunci Wujudkan Sanitasi
18 November 2021 | Dilihat 74 kali | Penulis Andhika . Redaktur Joko

Sanitasi sangat berkaitan dengan perilaku masyarakat sehari-hari, sehingga dalam mewujudkan sanitasi salah satu kuncinya adalah komitmen. Dengan begitu, maka semua sektor harus bisa menjalankan komitmen tersebut dengan baik. Hal itu disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati saat menghadiri kegiatan Puncak Program USAID IUWASH PLUS Regional Jawa Timur, bertempat di Grand Ballroom Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan tersebut bertemakan "Melangkah bersama menuju kemandirian air minum, sanitasi dan perilaku higiene yang berkelanjutan, Jawa Timur bisa".

Tampak hadir dalam kegiatan, di antaranya Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Direktur USAID Indonesia sekaligus Principal Officer USAID untuk ASEAN, Ryan Washburn, COP USAID, Bill Parente, DCOP USAID, Alifah Lestari, Regional Manager USAID Jawa Timur, Laksmi Cahyaniwati, Direktur Perkim Bappenas, Tri Dewi Virgianti, serta beberapa undangan dari delapan kabupaten/kota di Jawa Timur.

Dikatakan, kepala desa juga harus ikut berperan dalam merubah sungai yang awalnya sebagai tempat BAB masyarakat, menjadi tempat penangkaran ikan maupun tempat wisata yang bisa menumbuhkan perekonomian bagi masyarakat sekitar.

"Suatu daerah tidak bisa menjadi daerah yang sehat apabila masih terdapat masyarakat yang membuang air besar sembarangan," ungkap Wabup Lumajang.

Sementara itu, Ryan Washburn menjelaskan bahwa Program USAID IUWASH PLUS di Jawa Timur telah berlangsung sejak Oktober 2016 sampai dengan November 2021, dengan banyak program di sektor air minum sanitasi dan perilaku yang telah direncanakan dan terlaksana di Jawa Timur. Terdapat 8 kabupaten/kota dampingan USAID IUWASH PLUS di Jawa Timur, yaitu Kabupaten Gresik, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Probolinggo, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Malang dan Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Lumajang juga melakukan penandatanganan komitmen melanjutkan program dan kegiatan USAID IUWASH PLUS untuk mendukung pencapaian target air minum dan sanitasi aman di Kabupaten Lumajang. (Kominfo-Lmj/ad)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan