Momentum HKN 57, Bupati Launching Dokter Muter
25 November 2021 | Dilihat 73 kali | Penulis Yongky Dwi Cahyadi . Redaktur Joko

Momentum Hari Kesehatan Nasional ke 57, Bupati Lumajang Thoriqul Haq melaunching Dokter Muter di Pendopo Arya Wiraraja, Rabu (24/11/2021).

Dokter Muter merupakan inovasi dari Bupati dan Ibu Wakil Bupati Lumajang dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan masyarakat Lumajang yang mengalami kesulitan dalam mengakses fasilitas kesehatan. Program ini dilengkapi dengan mobil unit dan peralatan medis yang cukup lengkap termasuk pelayanan USG dan pelayanan gigi.

"Dokter Muter sebagai layanan kesehatan yang mudah, terjangkau dan cepat. Ini yang kami optimalkan agar dokter muter ini terus muter, keliling memberikan pelayanan yang dekat dengan masyarakat," jelas bupati.

Dalam kesempatan tersebut bupati juga menyerahkan piagam tanda kehormatan Bintang Jasa Pratama dan Bintang Jasa Narrarya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo kepada ahli waris tenaga medis yang gugur dalam penanganan Covid-19.

"Yang paling mengalami resiko paling depan adalah tenaga kesehatan, oleh karena itu dalam kesempatan HKN 57 ini atas nama Pemkab Lumajang saya mengucapkan terima kasih tak terhingga atas dedikasi, jerih payah dan kerja keras dlaam penanganan Covid-19. Saya yakin kerja luar biasa bapak ibu semua akan menjadi amal ibadah yang mulia dari Allah," ujarnya.

Lebih lanjut, Wakil Bupati Lumajang menjelaskan bahwa keberadaan Program Dokter Muter untuk menjangkau masyarakat yang jauh dari fasilitas kesehatan. Dengan demikian masyarakat yang memiliki keterbatasan terhadap akses kesehatan dapat terakses oleh layanan kesehatan dari Pemerintah Kabupaten Lumajang.

"Wilayah jangkauannya seluruh kabupaten, terutama daerah pelosok yang membutuhkan waktu panjang dan jauh jangkauannya dari Puskesmas," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan dalam momentum HKN 57 ini mengungkapkan bahwa untuk mewujudkan bangsa yang sehat saat ini memiliki tantangan yang besar yakni penanganan Covid-19 sehingga masyarakat diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan dengan mengoptimalkan upaya pengendalian dengan tracing, testing dan treatmen serta peningkatan cakupan vaksinasi.

"Oleh karena itu kita memiliki tugas yang besar untuk mencapai herd immunity di Lumajang. Butuh percepatan tugas bersama, kami ucapkan terima kasih kepada Bupati, Kapolres, Dandim dan tenaga kesehatan yang bahu membahu mencapai target vaksinasi kabupaten," ujarnya.

Dalam kesempatan ini juga dibacakan puisi berjudul Nusantara Sehat karya Bunda Indah yang dibacakan insan medis antara lain IDI, PDGI, PPNI, IBI, IAI, PERSAKMI, IAKMI, PERSAGI, HAKLI, PATELKI dan PORMKI. Sebuah karya sastra yang menceritakan tentang perjuangan tenaga medis mewujudkan Indonesia Sehat. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan