Pemkab Lumajang Terima Penghargaan Impelementasi Perhutanan Sosial
28 Desember 2021 | Dilihat 386 kali | Penulis Ferdian . Redaktur Joko

Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati menerima penghargaan atas dukungan Pemerintah Kabupaten Lumajang dalam implementasi Integrated Area Development (IAD) berbasis perhutanan sosial pada acara Rapat Koordinasi Sinergitas Pasca Persetujuan Perhutanan Sosial dan pengembangan Integrated Area Development (IAD) Perhutanan Sosial Provinsi Jawa Timur Tahun 2021 di Hotel Shangri-La Surabaya, Selasa (28/12/2021).

Penghargaan tersebut diberikan Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Direktur Jenderal PSKL Bambang Supriyanto yang hadir dalam acara tersebut menyampaikan perkembangan program perhutanan sosial kerja bersama pusat dan daerah serta konsep IAD perhutanan sosial.

"Salah satunya adalah Program Reforma Agraria melalui TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) perhutanan sosial dimaksudkan untuk memberikan kepastian hukum terhadap pemukiman, Fasum, Fasos yang ada di kawasan hutan, itu diselesaikan melalui TORA dan akan dikeluarkan dari hutan sesuai Permen-P nomor 7 Tahun 2021," ujarnya.

Ia menambahkan pada Tahun 2022 akan ada penataan Hutan Jawa yang bertujuan memberi kesempatan kepada masyarakat yang ada di kawasan hutan untuk menjadi pengelola perhutanan sosial.

Sementara itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta kepada para bupati dan walikota agar dapat memberikan penguatan sesuai dengan sektornya dalam pengelolaan perhutanan sosial.

"Saya berharap kita semua gayung bersama dan mulai melakukan pemetaan dengan adanya perluasan area pengembangan perhutanan sosial di wilayah Jawa Timur yang terintegrasi dengan sektor tertentu," harapnya.

Penghargaan juga diberikan kepada Gubernur Jawa Timur atas perannya sebagai Pembina Pemberdayaan Masyarakat Perhutanan Sosial Provinsi Jawa Timur. (Kominfo-Lmj/Ferdian)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan