Pasca Lahar Dingin, Bupati dan Wabup Lumajang Turun untuk Pastikan Warga Aman
03 Januari 2022 | Dilihat 187 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Banjir lahar dingin yang terjadi pada Minggu (2/1/2022) sore mengakibatkan jembatan di Gondoruso Kec. Pasirian tertutup material vulkanik.

"Malam ini, saya dan Bunda Indah Masdar berbagi lokasi berkunjung ke Desa Jugosari dan Desa Gondoruso, untuk memastikan masyarakat di tepian aliran sungai lahar semeru dalam keadaan aman," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (acak Thoriq) saat meninjau situasi dan kondisi di Jembatana Limpas Desa Gondoruso, Minggu (2/1/2022) malam.

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa akibat tumpukan material vulkanik dan batu besar di tengah jembatan, ratusan warga terisolir. Jembatan limpas tersebut menjadi penghubung ke Dusun Sumberlangsep Desa Jugosari.

"Besok, akan dilakukan survey lokasi terkait kerusakan beberapa jembatan limpas akibat arus lahar semeru. Sekaligus memastikan kelayakan fungsi jembatan. Karena ada beberapa dusun yang harus melewati jembatan limpas sebagai akses utama menuju pemukiman," kata dia.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati berharap agar masyarakat di sekitar aliran lahar Gunung Semeru waspada. Sementara mengenai terputusnya akses jalan di jembatan limpas tersebut, ia menjelaskan bahwa jembatan tersebut akan dibersihkan dari tumpukan material vulkanik di tengah jembatan.

"Di Jembatan Limpas akan segera dibersihkan, paling tidak akses jalan bisa dilalui oleh masyarakat," harapnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan