Penangnan PMK di Lumajang Libatkan BBVet Wates dan Dinas Peternakan Prov Jatim
04 Juni 2022 | Dilihat 166 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Petugas kembali lakukan pengambilan sample pada beberapa hewan ternak sapi perah yang berlokasi di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang.

Saat dimintai keterangan melalui pesan singkatnya, Jumat (3/6/2022), Kepala Bidang Peternakan, DKPP Kabupaten Lumajang, drh. Rofi'ah mengatakan, bahwa Kecamatan Senduro menjadi salah satu daerah di Kabupaten Lumajang dengan populasi sapi perah dan penghasil susu sapi terbesar.

Lanjut dia, untuk mengantisipasi mewabahnya Penyakit Mulut dan Kuku pada ternak sapi, petugas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Lumajang, bersama  Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates dan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur melakukan pengambilan sample.

"Pengambilan sampel di kandang yang dikunjungi Bupati kemarin dan kandang Pak Khosnan," katanya.

Ia menambahkan, bahwa selain mengambil sampel hewan ternak sapi, pertugas juga mengambil sampel di kandang hewan ternak kambing.

"Hari ini, kami ambil sampel dua kandang sapi perah, dan satu kandang kambing," imbuhnya.

Pengambilan sampel juga disertai dengan kegiatan pengobatan terhadap ternak-ternak yang sakit. Hal itu sebagai upaya penyembuhan sebelum adanya vaksin PMK yang sampai saat ini masih akan diproduksi masal oleh Pusat Veteriner Farma (Pusvetma) Surabaya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan