Bupati Lumajang Saksikan Puncak Latbakjatrat Terintegrasi Tahun 2022
29 Maret 2022 | Dilihat 505 kali | Penulis Andika . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyaksikan puncak latihan menembak senjata berat (Latbakjatrat) Terintegrasi Pussenarhanud Kodiklatad tahun 2022, di Lapangan Tembak AWR Pandanwangi Kecamatan Tempeh Kabupaten Lumajang, Selasa (29/3/2022).

Latbakjatrat Terintegrasi merupakan latihan puncak kecabangan Arhanud yang mengintegrasikan seluruh satuan jajaran Arhanud dengan alutsista yang berbeda dan juga sekaligus mengintegrasikan pertahanan fungsi pertahanan udara, yaitu deteksi, identifikasi, tracking dan destruksi (penghancuran) yang tidak hanya melibatkan satuan Arhanud TNI AD, tetapi sekaligus diintegrasikan dengan komando pertahanan udara dari TNI Udara.

Usai menyaksikan, Bupati Lumajang menyampaikan, bahwa keinginannya terkait sinergisitas antara pemerintah dan TNI agar latihan tempur bisa dijadikan pengungkit pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat Lumajang.

Lanjut dia, pihaknya juga telah mencoba menginventarisasi beberapa fasilitas sarana maupun prasarana untuk mengoptimalkan prosesi latihan tempur agar kegiatan tersebut bisa berjalan dengan lancar dan steril, terutama bagi para penonton yang hadir di lapangan.

"Saya harap sinergisitas pemerintah dan TNI terus terbangun, sehingga AWR Pandanwangi bisa menjadi salah satu tempat Military Tourism di Kabupaten Lumajang, sehingga harapannya bisa menjadi pengungkit perkonomian masyarakat sekitar," ujar dia.

Sementara itu, Komandan Kodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Ignatius Yogo Triyono mengungkapkan, bahwa pihaknya berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang maupun semua pihak yang telah mendukung kegiatan Latbakjatrat Terintegrasi 2022.

Dirinya berharap, agar pelaksanaan latihan tersebut bisa meningkatkan profesionalisme bagi para anggota TNI.

"Saya berharap kepada Prajurit TNI untuk selalu mendekatkan diri dengan rakyat karena TNI sendiri berasal dari rakyat dan untuk rakyat. Tetap semangat dalam melaksanakan Tugas dan tidak berbuat pelanggaran," harapnya

Adapun jadwal, Latbakjatrat Terintegrasi dilaksanakan selama empat hari, yakni tanggal 28 - 31 Maret 2022, dengan berbagai macam alutsista yang digunakan dalam latihan, antara lain :
Rudal Starstreak:
- MMS : 4 Satbak
- LML : 2 Satbak
- LML NG : 2 Satbak
- CM 200 : 2 unit
Rudal Mistral
- MPCV : 1 Satbak.
- ATLAS : 3 Satbak.
- Radar MCP : 1 unit
Meriam
- Meriam 57 mm/S-60: 9 pucuk.
- Meriam 40 mm/L-70 : 3 Pucuk
- Meriam 23 mm/Zur : 3 Pucuk
- Meriam 20 mm/Rh : 3 Pucuk

(Kominfo-lmj/Ad)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan