Cak Thoriq Terima Nirwasita Tantra 4 Kali Berturut turut
20 Juli 2022 | Dilihat 328 kali | Penulis Fadli . Redaktur Anam
Foto : Dok. KemenLHK

Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) kembali meraih penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra Tahun 2021. Penghargaan tersebut diserahkan Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong di Auditorium Dr. Ir. Soejarwo, di Gedung Manggala Wanabakti Jakarta, Rabu (20/7/2022).

Diketahui, Nirwasita Tantra adalah penghargaan dari Pemerintah yang diberikan kepada Kepala Daerah atas kepemimpinannya dalam merumuskan dan menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai dengan prinsip metodologi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya.

Penghargaan Nirwasita Tantra Tahun 2021 tersebut merupakan penghargaan keempat yang diperoleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq sejak Tahun 2018 lalu.

Dalam kesempatan itu, Cak Thoriq juga mengungkapkan, bahwa dirinya berterima kasih atas penghargaan Nirwasita Tantra yang diberikan.

Dirinya juga menyampaikan, komitmennya untuk menjaga kelestarian lingkungan secara berkelanjutan. Menurutnya, saat ini yang diperlukan adalah sebuah kolaborasi antara pemerintah, komunitas dan masyarakat sekitar.

Cak Thoriq juga mencontohkan pengelolaan lingkungan berbasis kehutanan sosial seperti yang telah dilakukan di Siti Sundari dan Bumi Perekmahan Glagah Arum, Kecamatan Senduro. Dalam konsep kehutanan sosial, masyarakat turut dilibatkan dalam program pemberdayaan, sehingga masyarakat turut mendapatkan nilai manfaat dan nilai ekonomi.

"Kalau masyarakat itu tidak ada sentuhan ide pemikirannya dilibatkan ya akan begitu saja. Yang kita lakukan hari ini kolaborasi dengan masyarakat, memberikan efek okonomi kepada masyarakat melalui kehutanan sosial, masyarakat akan care dengan hutan," ungkap dia.

Selain itu, pemerintah juga berkebijakan untuk mengakomodir setiap harapan masyarakat sekitar hutan agar kebutuhan setiap hari terpenuhi.

"Memberikan respon untuk kegelisahaan masyarakat dengan cara inovatif untuk memenuhi kebutuhan warga sekitar, kebutuhan ekonomi juga terpenuhi," terangnya.

Cak Thoriq pun didaulat sebagai salah satu narasumber dalam Talkshow Satu Bumi Untuk Masa Depan Kolaborasi Anak Muda Cinta Lingkungan yang diselenggarakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Sementara itu, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Alue Dohong mengapresiasi para pempimpin daerah dan para pejuang lingkungan yang telah berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui peran masing-masing.

Menurutnya, penerima Nirwasita Tantra maupun Kalpataru sudah terbukti memiliki kepedulian terhadap lingkungan yang upayanya tersebut berpengaruh positif terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya.

"Pada mereka yang terbukti memiliki kepedulian, komitmen, prakarsa, inovasi motivasi dan kreatifitas untuk menjaga lingkungan secara berkelanjutan sehingga berdampak positif," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa penghargaan tersebut merupakan upaya untuk memotivasi agar upaya pelestarian lingkungan dilakukan secara berkelanjutan.

"Penghargaan yang diberikan merupakan langkah awal untuk memotivasi dan merupakan amanah bagi para penerimanya untuk tetap menjaga kelestarian alam di bumi ini," imbuhnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan