Gerbas Tani Diharapkan Jadi Replikasi untuk Tingkatkan Potensi Pertanian di Lumajang
26 Juli 2022 | Dilihat 125 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Gerakan Belanja Sayuran di Lahan Petani atau Gerbas Tani di Desa Kedungrejo Kecamatan Rowokangkung, diharapkan dapat menjadi replikasi untuk mengungkit daerah-daerah lain dalam meningkatkan potensi pertanian.

"Mudah-mudahan akan banyak Gerbas-gerbas Tani di tempat-tempat lain, saya yakin di Lumajang ini semua daerah mempunyai potensi pertanian masing-masing, dan ini bisa menjadi replikasi untuk mengungkit daerah-daerah yang lain, khususnya di Lumajang untuk bisa seperti di Kecamatan Rowokangkung," kata Ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, Musfarinah Thoriq (Ning Farin) saat dimintai keterangan usai mengunjungi lokasi, Senin (25/7/2022).

Ning Farin juga mengatakan, bahwa Gerbas Tani bukan hanya sekedar meningkatkan hasil pertanian, akan tetapi juga bisa meningkatkan ekonomi dan daya tarik wisata disektor pertanian.

"Jadi tidak hanya sayur yang ditanam, akan tetapi ada beberapa jenis bunga-bunga yang justru meningkatkan hasil dari pertanian sekaligus menjadi tempat untuk rekreasi," ujar dia.

Menurutnya, hal ini juga mengedukasi masyarakat untuk lebih meningkatkan potensi pertanian. Hal ini ditunjukkan dengan keberhasil para petani dalam menanam berbagai sayuran yang mendapatkan hasil panen yang memuaskan.

"Ini menunjukkan bahwa tanah di Rowokangkung ini di edukasi oleh Gerbas Tani, bahwa masyarakat jangan hanya berfikir satu atau dua tanaman saja, akan tetapi ketika berbagai tanaman ini ditanam di Rowokangkung ternyata hasilnya lebih dari yang diharapkan," terangnya.

Disamping itu, Ning Farin menilai, jika sayuran yang dijual di Gebras Tani cenderung lebih segar. Hal ini lantaran para pengunjung bisa secara langsung membeli sayuran dari lahan pertanian.

"Tentu disini Lebih segar, karena hasil-hasil partanian disini langsung di panen dan dijual, nah kalau di pasar bisa jadi di petik sorenya dan baru dijual paginya," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan