Respon Cepat Laporan Pendaki Nyasar di Gunung Lemongan
15 Januari 2023 | Dilihat 186 kali | Penulis Fadly . Redaktur Fadly

Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Lumajang melakukan pencarian terhadap dua pendaki asal Kabupaten Jember yang tersesat saat akan mendaki di Gunung Lemongan, Kecamatan Klakah pada Sabtu (14/1/2023) kemarin.

Kedua pendaki tersebut Ixora Fila Rajabi Duta Muhammad (20) dan Elwin Sultan Alif Muhammad Bilhaqqi (24).

"Mereka mendaki pada Sabtu, 14 Januari 2023 pukul 20.00 WIB, kemudian tersesat sekitar pukul 22.00 WIB. Mereka merasa kehilangan jalur mendirikan tenda di tempat dan melaporkan diri kepada Pusdalops BPBD Jember dan meneruskan kepada BPBD Kabupaten Lumajang," ungkap Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Lumajang, Dwi Nurcahyo saat dikonfirmasi via telepon Minggu (15/1/2023) pagi.

Laporan tersebut direspon Tim TRC BPBD Kabupaten Lumajang dengan menerjunkan 7 personil untuk melakukan penyisiran. Beruntung kedua pendaki tersebut bertemu dengan rombongan Mapala SMAN Klakah, sehingga keduanya turun bersama.

"Beruntung survivor bertemu rombongan Mapala dari SMAN Klakah dan berjalan bersama kebawah. Kedua pendaki ini berhasil di evakuasi dan mendapat pertolongan medis TRC BPBD Kabupaten Lumajang," tambah Nur Cahyo.

Cahyo mengimbau kepada para calon pendaki yang akan melakukan pendakian untuk mempersiapkan secara matang segala kebutuhannya termasuk mental dan logistik.

"Persiapkan mental, logistik dan jangan mendaki sendiri, kalau tidak pernah mendaki, cari pemandu untuk mengantar dan ikuti rambu dan petunjuk penjaga gunung," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Fd)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan