Pelaku UMKM di Lumajang Mendapat Fasilitasi Pengajuan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga
25 Januari 2023 | Dilihat 170 kali | Penulis Ardi . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur mendapatkan fasilitasi untuk mengajuan pinjaman modal usaha tanpa bunga.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat menyerahkan sertifikat halal secara simbolis bagi Pelaku UMKM dan Pencairan Pinjaman Modal Usaha Tanpa Bunga, bertempat di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang, Rabu (25/1/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa pinjaman modal usaha tanpa bunga merupakan program kolaborasi Bank Jatim Cabang Lumajang dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lumajang.

"Panjenengan nanti bisa mengajukan pinjaman modal usaha tanpa bunga, tanpa biaya administrasi. Untuk pinjaman mulai Rp10 juta sampai Rp30 juta bisa diajukan ke Bank Jatim. Sedangkan, pinjaman di bawah Rp10 juta ke Bank UMKM Jatim," kata dia.

Selain itu, disampaikan Cak Thoriq, bahwa proses pinjaman bagi para pelaku UMKM di Lumajang, nantinya akan dibantu oleh Rumah Kita Berdaya (RKB). Sementara, disisi lain Lembaga Halal Center Cendikia Muslim juga turut bergerak melakukan edukasi halal kepada para pelaku UKM.

"Halal Center Cendikia Muslim juga ikut membantu untuk supaya produk-produk yang dijual oleh pelaku UKM bisa disertifikasi halal," terang dia.

Cak Thoriq berharap, agar program pinjaman modal usaha tanpa bunga tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik.

"Ini penting bagi kita semunya, insyaallah dengan pinjaman bunga 0 persen yang disubsidi oleh Baznas, kemudian UKM yang telah disertifikasi halal, mudah-mudahan akan menjadi perdagangan yang barokah," harapnya.

Dalam kesempatan tersebut, juga diserahkan 500 sertifikat halal kepada Pelaku UMKM yang diterbitkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) pusat. (Kominfo-lmj/Ard)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan