Bupati Lumajang : Berkegiatan di Ranupani Harus Menanam Pohon
11 Maret 2023 | Dilihat 211 kali | Penulis Yongky . Redaktur Anam
Foto : Dok. Kominfo-lmj

Bupati Lumajang Thoriqul Haq meminta agar setiap event kegiatan yang diselenggarakan di kawasan Ranupani, harus diisi dengan kegiatan penanaman pohon.

"Apapun kegiatannya di Ranupani harus diisi dengan kegiatan menanam, apapun apakah itu sport tourism, festival musik harus melakukan penanaman kalau tidak TNBTS tidak boleh dikasih ijin," ujar Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) saat penanaman pohon di kawasan Ranupani, Sabtu (11/3/2023).

Cak Thoriq juga menyampaikan, bahwa kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan rangkaian kegiatan Alas Semeru Trail Run 2023. Event tersebut bakal memanjakan para runner untuk berlari menyusuri keindahan alam Ranupani.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang juga mengapresiasi event itu, karena turut berkontribusi dalam konservasi alam di Ranupani. Untuk itu, dirinya berharap event tersebut bisa dijadikan agenda tahunan yang dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

"Kita membuka semua komunitas, pecinta alam berkolaborasi bersama kami, Ranupani harus hidup, mengisi berbagai kegiatan di Ranupani, tidak hanya pariwisatanya tumbuh, lingkungannya hidup kembali," harapnya.

Sementara itu, hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Hendro Widjanarko, bahwa event tersebut tidak hanya event olahraga tetapi kita melakukan konservasi, sesuai dengan Hari Bakti Rimbawan dengan tema Hari Bakti Rimbawan 2023, Hijaukan Bumi Birukan Langit.

"Ada pohon cemara gunung, putih dada, tunjung dan jenis lain yang merupakan tanaman asli di sini, semoga dengan kegiatan ini kita bisa menghijaukan bumi, mengurangi emisi karbon," pungkasnya. (Kominfo-lmj/Ydc)

Portal Berita Lumajang V.2021.2.1 © Hak Cipta Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lumajang | Dibuat dan dikembangkan dengan